Tahapan Stimulasi Otak Anak Usia 0 – 3 tahun

0
11

Sejak usia 0 – 3 tahun, sesungguhnya seorang anak sedang berada pada usia emas dimana pada usia tersebut anak anda mengalami perkembangan pada organ otaknya. Dua tahun pertama kehidupan anak menjadi saat tercepat pertumbuhan otaknya. Pada saat tersebut otak anak bertambah berat hingga mencapai 1.200 gram.

Setelah itu sampai usia dewasa otak hanya bertambah 400 miligram, hingga akhirnya mencapai berat maksimal 1.600 miligram. Dua tahun pertama menjadi masa emas bagi anak untuk belajar. Pada masa ini jaringan saraf pada otak akan tersambung. Hal ini akan mendukungnya memiliki kecerdasan multipel.

stimulasi otak anak
stimulasi otak anak

Itulah mengapa pada usia 0 – 3 tahun, kita harus melakukan stimulasi otak anak secara baik dan benar agar pada usia dewasanya, anak anda memiliki kecerdasan yang maksimal. Proses stimulasi otak anak memiliki beberapa tahapan. Adapun tahapan – tahapan stimulasi otak anak sejak usia 0 – 3 tahun tersebut adalah sebagai berikut :

  • 0 – 3 bulan. Memeluk, menggendong, menatap mata bayi, mengajak tersenyum, berbicara, membunyikan berbagai suara atau musik bergantian, menggantung dan menggerakkan benda berwarna terang, benda-benda berbunyi, menggulingkan bayi kekanan-kekiri, tengkurap-telentang, dirangsang untuk meraih dan memegang mainan.
  • 3 – 6 bulan. Bermain petak umpet, melihat wajah si Kecil dan Ibu di cermin, rangsangan untuk telungkup, telentang bolak-balik dan duduk.
  • 6 – 9 bulan. Panggil namanya, mengajak bersalaman, tepuk tangan, membacakan dongeng, merangsang duduk, dilatih berdiri sambil berpegangan.
  • 9 – 12 bulan. Mengulang-ulang nama Ibu, Ayah, Kakak, memasukkan mainan ke dalam wadah, minum dari gelas, menggelindingkan bola, dilatih berdiri, berjalan dengan berpegangan.
  • 12 – 18 bulan. Latihan mencoret-coret menggunakan pensil warna, menyusun kubus, balok-balok, puzzle bergambar sederhana, memasukkan dan mengeluarkan benda-benda kecil dari wadahnya, bermain dengan boneka, sendok, piring, gelas, teko, sapu, lap.
  • 18 – 24 bulan. Menyebutkan dan menunjukkan bagian-bagian tubuh, menanyakan gambar atau menyebutkan nama binatang & benda-benda di sekitar rumah, mengajak bicara tentang kegiatan sehari-hari, latihan menggambar garis-garis, mencuci tangan, memakai celana dan baju, bermain melempar bola, melompat.
  • 2 – 3 tahun. Mengenal dan menyebutkan warna, menggunakan kata sifat, menyebutkan nama-nama teman, menghitung benda-benda, memakai baju, menyikat gigi, bermain kartu, boneka, masak-masakan, menggambar garis, lingkaran, manusia, latihan berdiri di satu kaki,buang air kecil dan besar di toilet.

Agar proses stimulasi otak anak yang anda lakukan tersebut lebih sempurna, berikan anak anda susu S-26 Promise Gold dari Wyeth agar otak anak anda tumbuh dan berkembang secara baik karena S26 Promise Gold dari Wyeth kaya dengan zat yang baik untuk pembentukan DHA & AA dan juga komponen pembentuk membran sel otak, Mendukung fungsi perkembangan otak dan meningkatkan fungsi daya ingat