Pentingnya Mengetahui Masa Subur Dan Ovulasi Dengan Ovutest Pada Wanita Yang Telah Menikah

0
13
Ovutest
Ovutest

Bagi wanita normal, mendapatkan siklus menstruasi tiap bulan adalah hal yang wajar. Dengan datangnya siklus menstruasi menandakan kesehatan reproduksi seorang wanita baik-baik saja. Setelah datang masa menstruasi, siklus reproduksi wanita akan hadir pula masa subur, ovulasi, dan masa tidak subur.

Bagi wanita yang belum menikah, beberapa siklus di atas tidak terlalu penting. Namun bagi wanita yang telah menikah, siklus di atas akan menjadi hal yang sangat diperhatikan. Karena akan mempengaruhi kehamilan. Apakah kehamilan diinginkan atau tidak bisa direncanakan dengan mengetahui beberapa siklus di atas.

Image result for ovutest femometer


Lalu, apa definisi dari masa subur, ovulasi, dan masa tidak subur tersebut? Berikut informasinya.

1. Masa Ovulasi

Adalah masa dimana sel telur yang telah matang dilepaskan oleh saluran tuba valopi dan siap dibuahi oleh sel sperma. Jika sel sperma masuk ke rahim menuju saluran tuba tepat pada masa ovulasi ini maka kemungkinan besar kehamilan akan terjadi. Jika kehamilan benar-benar diinginkan, usahakan jangan melewatkan masa ovulasi yang hanya datang satu hari dalam sebulan. Namun jika kehamilan tidak diinginkan, sebaiknya hindari berhubungan di masa ovulasi ini.

2. Masa Subur

Masa subur adalah masa dalam rentang masa ovulasi yang memungkinkan kehamilan masih bisa didapatkan jika ada sperma yang masuk ke rahim. Masa subur ini biasanya terjadi pada 3 hari sebelum masa ovulasi hingga 3 hari setelah ovulasi.

3. Masa Tidak Subur

Adalah masa dimana sel telur sudah tidak mungkin dibuahi oleh sperma. Biasanya terjadi rentang antara masa subur dengan siklus menstruasi berikutnya.

Lalu, bagaimana cara mengetahui kapan beberapa siklus diatas datang? Salah satunya adalah dengan menggunakan ovutest femometer, yaitu alat uji masa kesuburan yang akurat. Dengan menggunakan ovutest ini, wanita tidak perlu lagi menggunakan kalender yang kadang salah perhitungan sehingga tidak sesuai dengan harapan. Karena ovutest ini bisa mendeteksi masa subur wanita hanya dengan membaca suhu basal tubuh sehingga data yang didapatkan lebih akurat dan terpercaya.