Tips Memilih Usaha Dengan Modal Kecil

0
29

Dalam mendirikan sebuah jenis usaha modal kecil, sebaiknya perhatikan betul-betul untuk urusan modal. Jangan kamu memaksakan membuka sebuah usaha yang kamu ingini, jika modal yang kamu punya tidak cukup. Karena bisa-bisa usaha yang kamu buka baru berjalan berapa bulan, kamu sudah kehabisan modal.

Sebagai contoh, kamu ingin membuka usaha toko fotocopy dan dilengkapi dengan segala peralatan ATK. Usaha ini tentunya akan lebih tepat jika dibuka di dekat tempat perkantoran maupun lembaga pendidikan. Hal ini membuat kamu harus menyewa ruko/kios yang harga sewanya tidak murah.

Sementara modal kamu hanya cukup untuk membeli bahan-bahan untuk usaha kamu. Pada akhirnya kamu kebingungan dan ragu untuk memulai usaha fotocopy yang kamu impikan. Maka dari itu, saat kamu memilih jenis usaha modal kecil apapun, sesuaikan dengan modal yang kamu punya.

Jika modal kamu kecil, untuk sementara carilah peluang usaha modal kecil yang pastinya tidak akan memberatkan keuangan kamu. Toh, jika kamu mau bekerja keras dan pintar dalam mengelolanya, usaha seperti apapun yang kamu jalankan pasti akan memberikan keuntungan untuk kamu.

Selain berurusan dengan modal, jenis usaha yang kamu ingin dirikan juga harus disesuaikan dengan lokasi tempat tinggal kamu. Perhatikan tingkat persaingan usaha sejenis, pangsa pasar dan peluang berkembangnya usaha yang akan kamu jalankan untuk beberapa tahun kedepan. Jika dirasa kurang memiliki prospek cerah, sebaiknya urungkan niat kamu tersebut.

berurusan dengan modal, jenis usaha yang kamu ingin dirikan juga harus disesuaikan dengan lokasi tempat tinggal kamu. Perhatikan tingkat persaingan usaha sejenis, pangsa pasar dan peluang berkembangnya usaha yang akan kamu jalankan untuk beberapa tahun kedepan. Jika dirasa kurang memiliki prospek cerah, sebaiknya urungkan niat kamu tersebut.

Misalnya kamu ingin membuka warung bakso di lokasi tempat tinggal kamu, namun kenyataannya di daerah tersebut sudah banyak warung bakso yang terkenal dan memiliki pelanggan tetap. Jika kamu merasa mampu bersaing karena kamu menawarkan sesuatu yang baru tidak jadi soal.

Namun, jika kamu pesimis, mending mencari lokasi lain untuk tempat usaha kamu yang belum banyak saingan. Hal penting yang mesti kamu perhatikan dalam menentukan jenis usaha modal kecil adalah pangsa pasar. Poin ini sebenarnya berkaitan erat dengan pemilihan lokasi. Kamu harus memperhatikan juga minta dan kebutuhan konsumen saat ingin mendirikan sebuah usaha.