Hal Yang Perlu Hindari Supaya Klaim Asuransi Tidak Ditolak

0
165
Klaim Asuransi mobil
Klaim Asuransi mobil

Menghindari dan adanya pertanggungan dari pihak lain menjadikan mobil menjadi penting memiliki asuransi. Terlebih lagi jika mobil anda sering dipakai untuk bepergian kemanapun, maka adanya asuransi akan sangat membantu anda dari kerugian yang lebih besar. Bantuan dari asuransi ini tentunya harus pula dilakukan sebelumnya dengan proses yang benar sehingga proses klaim asuransi mobil tidak salah dilakukan.

Untuk proses dalam klaim asuransi mobil sendiri sebaiknya menghindari berbagai hal yang bisa menjadikan klaim yang dilakukan menjadi gagal. Dan dari berbagai hal yang perlu dihindari berikut ini kami tuliskan 5 diantaranya.

Klaim Asuransi mobil
Klaim Asuransi mobil
  1. Miliki surat ijin. Mengalami kecelakaan mobil namun tanpa memiliki surat ijin mengemudi bisa menjadikan proses klaim mobil yang dilakukan ditolak. Dari itu dalam berkendaraan pastikan memiliki surat ijin mengemudi yang sah, karena selain taat aturan juga bentuk kedisiplinan dalam berkendara.
  2. Penggunaan kendaraan. Dalam hal ini misalnya untuk penggunaan mobil yang seharusnya digunakan sebagai mobil pribadi justru digunakan sebagai mobil komersial. Jika hal ini terjadi maka pihak perusahaan asuransi akan menolak proses klaim yang diajukan.
  3. Batas waktu klaim yang terlewat. Pada setiap kecelakaan sebaiknya pemilik kendaraan segera melaporkan untuk mengurus klaim. Jika tidak dilakukan maka misalnya dalam batas waktu 48 jam atau 72 jam belum juga melaporkan, pihak asuransi bisa saja menolak klaim yang diajukan.
  4. Perubahan nama pemilik asuransi. Hal ini bisa terjadi saat terjadinya proses klaim yang sebelumnya adalah mobil bekas dan salinan polisnya atas nama pemilik yang dulu. Dari itu sebaiknya segera langsung merubah nama polis jika anda membeli mobil yang bekas.
  5. Adanya perbaikan mobil sendiri. Mobil yang mengalami kecelakaan lalu diperbaiki sendiri setelah itu baru melapor ke pihak asuransi juga bisa ditolak untuk prosesnya. Ini karena pihak asuransi tidak bisa lagi melacak bagaimana kronologi kecelakaan yang anda alami.

Untuk menghindari penolakan dalam proses klaim asuransi mobil maka anda dapat memilih perusahaan asuransi dengan layanan yang mudah dan proses yang cepat seperti si Autocilin yang memberikan proses cepat dan mudah.