Menentukan Segmen Pasar Bisnis yang Anda Geluti

0
74

Sadarkah Anda dengan mengetahui tingkah laku segmen pasar bisnis ternyata memiliki peranan penting dalam membangun bisnis yang Anda geluti. Mengapa demikian? Tentu saja karena adanya mereka, maka produk Anda pun ada bukan?

Dapat dipastikan bahwa ada segmen pasar khusus yang memerlukan produk Anda dan tugas Anda adalah menganalisa serta mengidentifikasi pasar yang bisa Anda jangkau agar bisnis Anda tetap berkembang pesat.

Tak hanya itu, jika Anda sangat memahami segmen pasar bisnis Anda, maka Anda juga bisa semakin fokus untuk menciptakan produk berkualitas, sehingga dapat mendatangkan keuntungan yang signifikan pula.

Segmen Pasar Bisnis Umum dan Khusus

Perlu Anda ketahui, bahwa dalam mengidentifikasi segmen pasabr bisnis terkadang semakin khusus semakin bagus, tetapi kadang pengaruh marketing justru bisa membuat menarik segmen pasar lain. Umumnya, segmen pasar bisnis dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni segmen pasar bisnis umum dan segmen pasar bisnis khusus.

Segmen pasar bisnis khusus adalah bagian dari seluruh total segmen pasar bisnis umum produk bisnis Anda. Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui perbedaan antara kedua segmen pasar bisnis ini. contohnya, jika Anda membuka restoran mewah untuk makan malam, maka segmen pasar bisnis umum Anda bisa jadi adalah semua orang yang ada di wilayah sekitar Anda. Tetapi, untuk segmen pasar bisnis khususnya menjadi kian sempit, seperti orang yang menyukai menu atau bahkan jenis makanan tertentu dan tentunya mampu untuk memilih makan di restoran milik Anda ketimbang makan di rumah.

Memilih Target Segmen Pasar Bisnis Bukan Berarti Membatasi

Tak bisa dipungkiri bahwa ada banyak kesalahpahaman dalam memahami arti konsep target segmen pasar untuk bisnis. Ada dua alasan mengapa Anda tidak seharusnya membatasi segmen pasar bisnis, tapi justru membuat target segmen pasar bisnis itu sendiri.

  • Anda dapat fokus memasarkan produk jika telah memilih target segmen pasar bisnis yang tepat. Dengan adanya target, Anda dapat membuat konten iklan yang membuat segmen pasar tertentu dan menarik hati calon pembeli. Namun, bukan berarti dengan cara ini Anda tidak akan mendapat calon pembeli atau pelanggan dari segmen pasar lain, justru ketika Anda bisa menarik hati pembeli dari segmen pasar tertentu, dapat menjadikan mereka tim marketing Anda secara tidak langsung karena mengabarkan produk Anda tersebut kepada rekan atau teman-teman mereka.
  • Tidak berarti Anda gagal mengembangkan bisnis ke depannya jika memilih segmen pasar bisnis khusus yang jumlahnya sedikit. Anda tentu saja bisa memikirkan hal ini nanti, ketika produk bisnis yang tengah Anda geluti sudah menguasai pasar tentunya.

Demikian penjelasan singkat mengenai menentukan segmen pasar bisnis yang tengah Anda geluti. Semoga bermanfaat.