Waspadai Cyber Crime

0
37

Dunia ini semakin ganas saja, ditandai dengan banyaknya jenis kejahatan yang semakin meraja lela. Orang – orang semakin berani untuk melakukan tindak kriminal dimana pun dan kapapun demi memenuhi keinginannya. Meskipun mungkin saja, pada diri orang – orang jahat itu mereka melakukan kejahatan karena kebutuhan hidup yang mendesak. Oleh Karena itu kita harus tetap waspada dan juga siaga menghadapi orang – orang yang bertindak nekad seperti itu, apalagi jika dalam kehidupan sekarang dimana teknologi semakin canggih, maka kejahatan pun kini sudah merambah ke dunia digital. Berikut ini jenis – jenis kejahatan yang berbasis digital , yaitu di antaranya :

  1. Penjualan manusia

Sudah banyak sekali kasus penjualan manusia yang kini meraja lela. Kasus ini diawali dengan perekrutan orang – orang yang ditipu solah – olah mereka akan disalurkan bekerja, padahal pada kenyataannya mereka sebenarnya dijual. Penjualannya kini sudah ada yang secara online. penjualan manusia ini sudah merebak termasuk di indonesia. manusia yang dijual secara online ini rata – rata disuruh untuk menjdai pembantu kemudian disiksa. Banyak yang berakhir hingga meninggal dunia, dan rata – rata orang – orang yang dijual dari indonesia disalurkan ke luar negeri

2.Peretasan akun

Dengan dunia digital dan internet, orang – orang yang jahat melakukan peretasan akun yang menyebabkan pihak yang diretas akunnya mengalami kerugian, baik kerugian moral maupun kerugian material.

3. Penculikan

Penculikan juga kerap kali terjadi, biasanya penculikan ini berawal dari jejaing media sosial. Beberapa orang menjerat mangsanya melalui perkenalan di media sosial. Kasusnya diawali, si penculik mengajak korbannya untuk berkenalan di jejaring media sosial, kemudian setelah lama berkenalan, si penculik akan mengajak korbannya untuk bertemu, baru setelah bertemu, korban akan diculik. Setelah penculikan ada banyak motif, entah korban akan dijual, diperkosa, bahkan akan dibunuh dan jual oragannya.

Itulah jenis – jenis kejahatan yang sekarang sudah mulai menggunakan teknologi  digital untuk menjerat korbannya. Maka dari itu kita harus lebih waspada dan juga tetap berhati – hati ketika menggunakan kecanggihan media sosial.